Bimbingan Konseling Islami

Oleh
Iis Haryati, S.Pd.
Bimbingan Konseling Islami dipandang sebagai sebuah pendekatan bimbingan konseling atau bimbingan konseling bernuansa Islam?

Seperti yang kita ketahui terdapat beberapa pendekatan yang digunakan dalam bimbingan dan konseling yaitu pendekatan psikoanalitik, pendekatan eksistensial-humanistik, pendekatan client centered, terapi gestalt, transaksional, terapi tingkah laku, terapi rasional emotif dan terapi realitas.

Lalu apakah bimbingan konseling Islami bisa dikatakan sebagai salah satu pendekatan konseling? Seperti pendekatan-pendekatan lainnya BK Islami dikatakan pendekatan dalam bimbingan konseling ketika terdapat konsep-konsep utama seperti pandangan tentang manusia, tujuan konseling, fungsi dan peran konselor, dan teknik konseling yang digunakan bersumber dari ajaran Islam dan dapat digunakan secara oprasional.

Adapun BK bernuansa Islam, ketika konselor dalam mempraktekan konseling menggunakan pendekatan-pendekatan konvensional dengan diberikan nafas-nafas Islam sedangkan pandangan tentang manusia, tujuan, teknik masih dalam kerangka pendekatan tersebut.

Kedua paradigma tersebut sah-sah saja selama kita menggunakannya secara bertanggung jawab.

0 komentar:

Posting Komentar