Membangun Perencanaan Karir

Oleh:
Iis. Haryati,, S.Pd

Bagi sebagian besar orang tidak dapat secara akurat merencanakan jalur karir mereka di masa dewasa, Banyak orang yang mengubah perencanaan karirnya ketika dewasa yang tidak berkesesuaian dengan studinya, berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya, atau stagnan dalam satu posisi.

Memasuki sebuah pekerjaan menandakan dimulainya peran dan tanggung jawab baru, tidak mudah bagi seseorang untuk dapat memenuhi tuntutan kompetensi yang sangat tinggi. Ketika individu memasuki sebuah pekerjaan untuk pertama kalinya, mereka mungkin dihadapkan pada masalah dan kondisi yang tidak mereka antisispasi sebelumnya.

Dalam membangun karir kita perlu mengetahui bahwa:
- Pilihan kerja pertama seperti langkah pertama dalam perjalanan yang panjang
- sekali kita memasuki satu pekerjaan kita perlu membangun identitas pekerjaan yang berbeda dan menempatkan diri kita dalam dunia kerja (penyesuaian diri).
- perumusan tujuan, harapan dan keinginan, kemampuan dan kecocokan pribadi penting dalam perencanaan karir untuk dapat menentukan kita di masa depan.

Dalam membangun karir kita mungkin gagal, keluar, atau memulai jalan baru, yang lain sudah mencapai puncak sedangkan yang lainnya lagi masih dibawah. Namun yang terpenting dalam karir adalah MEMAKNAINYA.

0 komentar:

Posting Komentar