Perbedaan Perilaku Anak Ketika Bersama dan Tidak Bersama Orang Tuanya

Oleh Iis Haryati, S.Pd
3-06-3009

Anak kadang berperilaku baik ketika bersama guru, teman atau pengasuhnya namun tidak demikian ketika bersama orangtuanya. Orangtua kadang terheran-heran ketika guru atau pengasuhnya menuturkan bahwa anaknya seharian begitu enerjik namun ketika orang tuanya datang ia begitu pendiam, atau pendiam bersama orang lain tapi mengomel ketika orang tuanya datang, banyak menuntut, menangis dan sebagainya.


Orang tua tidak perlu heran atas perubahan perilaku anak, karena perilaku anak senantiasa akan berubah tergantung dengan siapa dia dan dimana dia berada (Patrick K. Lester, 2005). Ketika anak bersama orang tuanya ia dapat secara bebas mengekspresikan perasaannya, sedangkan ketika anak bersama orang lain membuatnya frustasi karena mendapat tekanan tertentu atau frustasi karena orangtua meninggalkannya seharian. Anak merasa jemu dan kejemuannya menghilang ketika orangtuanya datang.

Oleh karena itu orang tua tidak perlu khawatir atas perubahan perilaku anaknya. Untuk mengantisipasi perubahan perilaku anak Anda bisa mencoba langkah berikut.
- cobalah tanyakan kepada guru, teman atau pengaasuh anak Anda tentang ketertarikan dan tingkat aktivitas anak, dan cobalah untuk mengkomunikasikan dengan baik agar Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang perilaku anak dalam melalui hari-harinya dan bandingkan ketika anak berada dekat dengan Anda. InsyaAllah Anda akan memahami perilaku anak.
- Ketika Anda tahu bahwa mood anak Anda berubah ketika melihat Anda, yakinkan kepada anak bahwa bersama Anda akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Orang tua hendaknya menyadari bahwa bersama Andalah semua perasaan anak bisa terekspresikan.

Wallahu a'alam, Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar