Refleksikan Bagaimana Kita Belajar

Kebanyakan kita jarang menyisihkan waktunya untuk merefleksikan pengalaman kita sendiri dalam cara yang bisa membantu meningktakan diri. Kita membutuhkan apa yang disebut sebagai "kecerdasan reflektif". Jika kita belajar tanpa mempetimbangkan tujuan kita, mungkin kita akan buang-buang waktu, dan jika kita tidak merefleksikannya setelah itu kita hampir pasti memerlukannya.

Merefleksikan bagaimana kita belajar bukanlah kegiatan yang misterius yang hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang, semua orang bisa melakukannya.
Berikut ini beberapa contoh pertanyaan untuk membimbing kita merefleksikan suatu pengalaman belajar:
1. Apa yang dimaksud dengan sukses? jika demikian apa saja faktor-faktor utamanya?
2. Apakah saya mempersiapkan diri untuk sukses?
3. Apakah saya dapat menemukan apa yang saya perlu ketahui? Jika tidak, mengapa?
4. Strategi belajar mana yang berguna bagi saya? dan mana yang tidak?
5. Apakah saya belajar lebih baik dalam suasana tertentu daripada suasana lainnya? hal-hal apa sajakah yang dapat saya pelajari secara lebih baik? pelajaran apa sajakah yang dapat saya pelajari untuk masa depan?
6. Bagaimana saya dapat melakukan lebih baik pada kali lain?
7. Saya mungkin akan menemui kesulitan dalam mengimplementasikan apa yang saya pelajari hari ini?
8. Reward apa yang tepat untuk merayakan suatu kesuksesan?

0 komentar:

Posting Komentar