Kamis, 01 Oktober 2009

PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM KONSELING (filsafat-filsafat dasar)

Filsafat dasar merujuk pada pandangan tentang manusia. Setiap pendekatan memiliki pandangan yang berbeda tentang sifat manusia, pribadi manusia, kondisi manusia dll. Pandangan tentang manusia ini akan melahirkan konsep dan landasan filosofis mengenai bimbingan dan konseling. Berikut pemaparannya.


PENDEKATAN PSIKOANALITIK:
Manusia pada dasarnya ditentukan oleh energi psikis dan pengalaman-pengalaman dini. Motif-motif dan konflik-konflik tak sadar adalah sentral dalam tingkah laku sekarang. Kekuatan-kekuatan irrasional kuat; orang didorong oleh dorongan-dorongan seksual dan agresif. Perkembangan dini penting karena masalah-masalah kepribadian berakar pada konflik-konflik masa kanak-kanak yang direpresi.

PENDEKATAN EKSISTENSIAL-HUMANISTIK
Berfokus pada sifat dari kondisi manusia yang mencakup kesanggupan untuk menyadari diri, bebas untuk menentukkan nasib sendiri, kebebasan dan tanggung jawab, kecemasan sebagai suatu unsur dasar, pencarian makna yang unik di dalam dunia yang tak bermakna, berada sendirian dan berada dalam hubungan dengan orang lain, keterhinggaan dan kematian, dan kecenderungan untuk mengaktualkan diri,

PENDEKATAN CLIENT-CENTERED
Memandang manusia secara positif; manusia memiliki suatu kecenderungan ke arah menjadi berfungsi penuh. Dalam konteks hubungan konseling, konseli mengalami perasaan-perasaan yang sebelumnya diingkari. Konseli mengaktualkan potensi dan bergerak ke arah meningkatkan kesadaran, spontanitas, kepercayaan kepada diri, dan keterarahan dalam.

PENDEKATAN GESTALT
Manusia terdorong ke arah keseluruhan dan intregasi pemikiran perasaan serta tingkah laku. Pandangannya anti deterministik dalam arti individu dipandang memiliki kesanggupan untuk menyadari bagaimana pengaruh masa lampau berkaitan dengan kesulitan-kesulitan sekarang.

PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL
Manusia dipandang memiliki kemampuan memilih. Apa yang sebelumnya ditetapkan, bisa ditetapkan ulang. Meskipun manusia bisa menjadi korban dari putusan-putusan dini dan skenario kehidupan, aspek-aspek yang mengalihkan diri bisa diubah dengan kesadaran.

PENDEKATAN TINGKAH LAKU
Manusia dibentuk dan dikondisikan oleh pengondisian sosial budaya. Pandangannya deterministik, dalam arti tingkah laku, dipandang sebagai hasil belajar dan pengondisian.

PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF
Manusia dilahirkan dengan potensi untuk berpikir rasional, tetapi juga dengan kecenderungan-kecenderungan ke arah berpikir curang. Mereka cenderung untuk menjadi korban dari keyakinan-keyakinan yang irrasional dan untuk mereindoktrinasi dengan keyakian-keyakinan yang irrasional itu. Tetapi berorientasi kognitif-tingkah laku-tindakan, dan menekankan berpikir, menilai, menganalisis, melakukan dan memutuskan ulang. Modelnya adalah didaktif direktif, Terapi dilihat sebagai proses reduksi.

PENDEKATAN REALITAS
Manusia membutuhkan identitas dan mampu mengembangkan "identitas kegagalan". Pendekatan realitas berlandaskan motivasi pertumbuhan dan antideterministik.

Sumber: Gerald Corey. (2005). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Comments :

5 komentar to “PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM KONSELING (filsafat-filsafat dasar)”

shahra mengatakan...
on 

ass.posting terus ya bu!,saya senang baca tulisannya.

riz mengatakan...
on 

aslmkm... sobat trnyata sngt luas yah PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM KONSELING utk aplksny..

tnx 4 infoo..

HAMBA ALLAH mengatakan...
on 

assalamulaikum...

minta tolong contoh praktek konseling client center apabila anak/siswa mengalami masalah kehadiran mengikuti pelajaran di sekolah kurang,perhatian dan minat belajar rendah yang terwujud denga prestasi belajar yang berada dibawah rata-rata kelas..
terimah kasih sebelumnya...

live is a work mengatakan...
on 

terima kasih ya ibu atas posting nya sangat membantu kami mahasiswa psikologi belajar . . . semoga apa yang ibu buat berguna bagi kami dan bermanfaat dan untuk ibu diberi balasan yang setimpal...

amien

wati mengatakan...
on 

assalamualaikum,semoga ibu dan keluarga selalu dalam keadaan sehat wal'afiat.terima kasih ya buk atas artikelnya sehingga bisa membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah dan saya juga menyukai kata mutiara tsb.harapan saya semoga ibu selalu bisa memberikan yang terbaik buat kemaslahatan islam mendatang. aamien

Poskan Komentar

 

Copyright © 2009 by Bimbingan Konseling Islami